Taupiser-Zodiak World: Fakta tentang processor

Minggu, 17 April 2011

Fakta tentang processor


Komponen ini digunakan semua perangkat elektronik dan menjadi clock generator. Inilah fakta-fakta unik dan menarik seputar microchip tersebut. Diantaranya tentang cpu tercepat didunia, perbandingan panas processor dengan kompor, processor nomor satu, pionir era silicon, Bapak Processor, error inside, CPU tercepat, Kontak ke luar angkasa, dll
  • Lebih panas dari kompor.
    Thermal power loss processor modern mencapai 125 watt per cm kuadrat yang kemudian menghasilkan panas. Sementara itu, pelat pemanas kompor listrik umumnya berkisar antara 7 dan 10 watt per cm kuadrat.
  • Processor nomor satuIntel 4004 merupakan microprocessor pertama. Processor ini dilempar kepasaran pada tahun 1971 seharga 200 dolar dan terdiri atas 2300 transistor. Sebagai perbandingannya, processor intel core i7 dengan teknologi 45nm yang memiliki 731 juta transistor.
  • Satu miliar transistor per kepala
    Pada tahun 2010, industri semikonduktor dunia akan memproduksi satu miliar transistor untuk setiap penduduk dunia. Menurut data dari semiconduktor industry association (sia), pada tahun 2005, angka ini sudah mencapai 90 juta transistor per penduduk.
  • CPU buatan sendiri
    Seorang Amerika, Steve Chamberlin, membangun sebuah CPU dengan menggunakan Logic-Module dan sekitar 1250 kabel untuk proyek "Big Mess of Wires" miliknya. Processor buatan sendiri dengan clock sebesar 2 MHz ini merupakan jantung dari sebuah komputer sederhana. Diperlukan waktu 16 bulan untuk menyelesaikannya.
  • Benda bundar dengan kelemahan yang mahal
    Lantara bentuknya bundar, seperlima bidang wafer silikon ini tidak dapat digunakan untuk produksi chip. Tidak ada alternatif lain yang berbentuk segi empat. Piringan hanya setebal 775 mikrometer di iris dari kristal-kristal silikon besar, ditarik dengan sebuah smelter dan bentuknya sudah bundar.
  • Pionir era silikon
    Jack Kilby dinobatkan sebagai bapak processor. Insinyur dari perusahaan texas Instruments ini membangun sebuah integrated circuit pertama pada tahun 1958, terdiri atas sebuah oscilator pada sebuah pita germanium kecil. Sebagai pionir dalam mikro-elektronik, ia kemudian mendapat hadiah nobel untuk Fisika pada tahun 2000.
  • Venus : CPU tercepat di dunia
    Saat ini, venus menjadi processor tercepat didunia. Procesor ini merupakan sebuah prototype dari fujitsu yang dapat menyelesaikan 128 miliar operasi komputer per detik. Kemampuan prototype ini kira-kira 2,5 kali lebih cepat daripada CPU intel terbaru.
  • Kontak ke luar angkasa
    Dalam film E.T. (1983) alien membangun sebuah perangkat communicator antarplanet. Core dari perangkat mainan "Speak & Spell" yang digunakan untuk berkomunikasi ini adalah TMC 2081 dari Texas Instruments dan merupakan Voice Syntesizer Chip pertama.
  • Error inside
    Pada 1994, processor pentium muncul dipasaran dan ternyata tidak berfungsi secara normal. Saat proses pembagian, terjadi kesalahan pembualatan (roundoff error) mulai 5 angka desimal. Sebagai akibatnya, intel mengeluarkan uang sebesar 475 juta dollar atas klaim processor ini.
  • Kelangkaan silikon tidak terlihat
    Silikon merupakan unsur kimia yang paling banyak digunakan setelah oksigen. Lantaran baik untuk pertumbuhan tulang, sebaiknya manusia paling tidak mengonsumsi silikon 30 mg setiap hari. Menurut wikipedia, silikon yang baik dapat diperoleh dari bir.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar