Taupiser-Zodiak World: WWF Memimpin Untuk Melawan Ilegal Logging

Sabtu, 23 April 2011

WWF Memimpin Untuk Melawan Ilegal Logging

Selama di Inggris, sudah diperkirakan bahwa sekitar 1,5 juta meter kubik kayu ilegal dan produk kayu yang diimpor setiap tahun. Illegal logging memberikan kontribusi terhadap penurunan spesies seperti orangutan terancam punah dan perusakan hutan bertanggung jawab untuk sekitar 20% dari emisi gas rumah kaca global.
Tubuh konservasi terkemuka, WWF baru saja meluncurkan sebuah studi yang telah menemukan bahwa perusahaan-perusahaan di Inggris yang menjual barang-barang seperti worktops dapur, pintu dan decking yang berasal dari tempat di mana penebangan liar memiliki efek buruk terhadap orang dan satwa liar.


Penebangan liar biaya beberapa negara termiskin di dunia pendapatan kritis yang dinyatakan dapat digunakan untuk membangun infrastruktur pelayanan umum dan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta berinvestasi kembali ke pengelolaan hutan lestari, mengamankan pendapatan dalam jangka panjang.

Mereka telah menghasilkan animasi untuk terlibat dengan dan untuk mendorong konsumen di Inggris untuk berpikir dua kali tentang apakah atau tidak apa yang mereka beli berasal dari sumber ilegal dan dampak pilihan mereka bisa membuat studi ini menemukan bahwa dalam beberapa kasus perusahaan Inggris memiliki sedikit gagasan mana produk kayu mereka berasal dari dan enggan untuk mencari tahu. Hal ini memberikan panduan untuk bisnis di sumber Forest Stewardship Council (FSC) produk kayu bersertifikat. FSC berarti sudah bersumber dari hutan yang dikelola dengan baik sesuai dengan standar lingkungan dan sosial yang tinggi. Ini berarti konsumen dapat memastikan mereka membeli bertanggung jawab.


Colin Butfield, kepala kampanye WWF, mengatakan pada laporan tersebut: "Penelitian ini harus bertindak sebagai suatu peringatan panggilan kepada perusahaan di sini di Inggris dan menyorot kepada konsumen bahwa mereka adalah orang-orang dengan kekuatan untuk menuntut bahwa apa pun mereka membeli , dari pintu ke worktops dapur, adalah FSC (Forest Stewardship Council). Jika tidak memiliki logo FSC maka bisa berasal dari suatu tempat di mana ada dampak buruk terhadap spesies seperti orangutan dan masyarakat yang mencari nafkah dari hutan.
"Sementara beberapa pengecer utama membersihkan rantai pasokan mereka ada sejumlah besar perusahaan Inggris yang hanya tidak memiliki informasi atau pemahaman untuk membuat mereka cocok untuk tujuan ketika peraturan baru mulai berlaku."
Studi ini menemukan bahwa situs-situs beberapa perusahaan 'tampilkan logo FSC di samping produk yang tidak FSC. Lain mungkin menawarkan produk sebagai FSC, untuk decking misalnya bersumber dari Indonesia, tetapi pada penyelidikan lebih dekat ternyata decking FSC hanya tersedia untuk 'pesanan khusus' dan sebagian besar dari decking kayu tropis yang mereka jual adalah non-FSC. Dan dalam beberapa kasus, logo FSC dapat disalahgunakan oleh perusahaan Inggris, untuk menyiratkan bahwa semua produk mereka ditutupi oleh skema sertifikasi padahal sebenarnya hanya beberapa.
Seperti halnya membuat permintaan formal, peneliti WWF berpose sebagai pembeli dan membuat panggilan telepon dan kunjungan ke pabrik melihat di Indonesia dan Malaysia untuk melacak produk kayu dijual di Inggris kembali ke hutan dimana mereka berasal.


Banyak perusahaan Inggris hanya tidak menantang rantai pasokan mereka tentang mana persediaan mereka berasal. Cornish berbasis sumber Barncrest berat jenis kayu keras tropis dimanfaatkan untuk worktops dapur mereka dari Pantai Gading. Penebangan liar di kayu tersebut telah dikaitkan dengan bahaya kesehatan dan konflik. Meskipun klaim website yang kayu secara hukum sesuai, Barncrest tidak mampu untuk memasok bukti untuk mendukung klaim.
Sebuah perusahaan kayu lapis besar Malaysia dengan link ke pembalakan liar juga memasok perusahaan-perusahaan Inggris. Studi ini menemukan bahwa satu perusahaan tersebut adalah Jewson yang melakukan investigasi mereka sendiri setelah tuduhan dan akhirnya memutuskan hubungan dengan perusahaan yang bersangkutan pada tahun 2009.



Seorang penjual di Leeds Plywood & Pintu (LPD) mengatakan kepada calon pembeli mereka percaya pintu mereka 'Adorable Kayu' yang terbuat dari kayu bersertifikat FSC-meskipun kunjungan ke sebuah sawmill di Indonesia membuat jelas bahwa para pemasok mereka tidak tahu di mana kayu itu berasal. LPD sejak berjanji untuk meninjau sistem lingkungan.
Colin Butfield kemudian menambahkan: "Dengan melihat logo FSC pada produk, pelanggan dapat yakin bahwa kayu yang digunakan telah datang dari hutan yang telah dikelola secara bertanggung jawab lingkungan dan sosial.
"Hukum Uni Eropa, mulai berlakunya pada tahun 2013 awal, akan berarti siapa pun berniat untuk menjual produk kayu ke pasar Inggris harus mampu menunjukkan di mana itu berasal dan bahwa hal itu tidak ilegal."
Studi ini menunjukkan bahwa Inggris bisnis jauh dari memenuhi tuntutan bahwa hukum baru.

Sumber : kaskus.us

Tidak ada komentar :

Posting Komentar