Taupiser-Zodiak World: Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat

Minggu, 17 April 2011

Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat


badai matahari1 Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat
Badai Matahari yang diperkirakan akan terjadi pada kisaran 2012-2015, dijelaskan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tidak akan menyebabkan “Kiamat” seperti yang menjadi isu selama ini karena effeknya tidak akan mengganggu peradaban manusia secara total, hanya saja effek dari badai matahari itu akan menyebabkan gangguan pada teknologi tinggi seperti satelit dan komunikasi radio, sehingga dengan adanya informasi dari pakar ini (LAPAN:red) bisa menepis kekhawatiran yang berlebihan tentang isu akan terjadi kiamat dikarenakan badai matahari.
Dijelaskan, aktivitas matahari yang melontarkan miliaran ton partikel, plasma berenergi tinggi dan radiasi gelombang elektromagnetik, sebenarnya memiliki siklus atau tidak diam. “Ledakan-ledakan matahari bisa sampai ke bumi. Selain itu matahari punya berbagai aktivitas seperti medan magnet, bintik matahari, flare (ledakan matahari), lontaran massa korona, angin surya dan partikel magnetik.
solarinteraction1 Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat
Lapan telah memperkirakan puncak aktivitas matahari terjadi pada 2012 hingga 2015.  Pada puncak siklus itu aktivitas matahari akan tinggi dan terjadi badai matahari. Disinggung seberapa besar volume partikel berenergi tinggi atau ledakan yang terjadi,  belum bisa dipastikan terkait berapa lama dan kapan terjadinya.
badai matahari 2012 Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat
Di beberapa belahan dunia, siklus matahari terjadi 11 tahunan dan kini matahari berada pada siklus ke-24. Hal itu pernah menimbulkan dampak serius terhadap sistem jaringan listrik seperti terjadi di Kanada dan Jepang pada tahun 1989 dan di Swedia tahun 2003.
Selain berdampak pada peralatan dan sitem komunikasi, badai matahari juga berkontribusi terhadap perubahan iklim. Sebab jika terjadi peningkatan aktivitas matahari maka mengakibatkan matahari akan memanas. “Suhu bumi akan meningkat tajam dan iklim berubah. Dampak ekstrimnya menyebabkan kemarau panjang. Namun hal itu masih dalam kajian para peneliti.
Semoga dengan adanya penjelasan dari pakar ini mampu menepis isu yang beredar yang tidak berdasar sama sekali, sehingga menjadikan ketenangan kepada semua pihak untuk mencermati reaksi alam dengan arif dan bijaksana icon smile Badai Matahari 2012 Tidak Menyebabkan Kiamat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar